PGSD PENJAS UPI

Hai kawan, salam sejahtera untuk kita semua. Saya ingin sedikit bercerita tentang kehidupan pribadi saya. ya intinya tentang saya bisa ketrima di salah satu Universitas Negeri di Indonesia yang saya harapkan dan idamkan sedari kecil. Universitas Pendidikan Indonesia yang dulu di sebut IKIP Bandung itulah namanya, maklum karena saya bercita-cita menjadi seorang guru. “Sebenarnya sih itu cita-cita alternatif lain tapi berhubung cita-cita utamanya belum mau untuk di kejar, hehe”.

Universitas Pendidikan Indonesia merupakan universitas yang basicnya adalah di bidang pendidikan. “ya sederhanaya kalau kalian ingin menjadi tenaga pendidik ya ke UPIlah larinya”.

Langsung saja kita bercerita tentang ini, mengapa saya memposting foto ini? . ini dia ceritanya, masa SMA ketika kita naik kelas 3 atau kelas 12 harus sudah punya impian dan target masuk ke Universitas mana, karena jika masuk sekolah menengah atas tidak punya keahlian khusus ingin bekerjapun susah, tidak seperti anak kejuruan yang sudah terarah kedunia kerja. Foto ini ditujukan untuk pengajuan pendaftaran SNMPTN yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, orang dulu menyebutkanya PMDK atau Undangan. “kalau saya sendiri sih melihat foto ini lucu ya ga sih haha?? rambutnya gondrong dan miring sebelah, juga editanya tidak rapih, maklumlah ini ngedit sendiri bukan di tukang foto, biar menghemat dana. kata Ayah saya sih masa foto yang ini takut ga ditrimalah apalah karena mungkin tidak layak foto ini”. tapi sayapun menjelaskan bahwa foto tidak mempengaruhi penilaian panitia SNMPTN, (JANGAN DICONTOH). yang berpengeruh adalah nilai, portofolio dan nilai dari kaka kelas kita yang ada di Universitas yang kita tuju. ayahkupun mengerti dan mendukung saja. mengenai foto kalian nanti akan di suruh foto sendiri dan mengumpulkanya kepada orang yang telah dipercaya oleh sekolah untuk mengurusi semua siswa yang mendaftar melalui jalur snmptn, kalau di sekolah aku yang ditunjuk yakni mas iyo, dia TU dan dia banyak membantu teman-teman mengurusi semuanya. oh iya saya belum memperkenalkan diri. Nama saya TEGUH ILLAHI WIDIYANTO BUDIMAN . panjang yah namanya hehe, saya berasal dari sekolah cukup baguslah di kota saya SMAN 1 SINDANG INDRAMAYU, kalian tau kan taulah terkenal jeh, cukupdeh memperkenalkanya segitu aja jangan banyak-banyak kalau pengen kenal banyak sih tinggal follow aja twitternya : @teguhillahiwb, line:@teguhillahi . instagram :@teguhillahi ok, kita kenalan dan buat yang pengen tau tentang aku disitu aja .

Sebelum kalian mendaftar melalui jalur SNMPTN, kalian boleh memilih dua Universitas yang berbeda dengan 3 program studi yang berbeda pula. seperti saya. saya memilih UPI dan UNY, dengan program studi 1.PJKR (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi); 2. PGSD Penjas dan 3. PJKR UNY. urutan pilihan kalian sangat menentukan kalian diterima di prodi pilihan keberapa, karena urutan merupakan penilaian yang diutamakan dengan sesuai urutanya. tapi tidak menutup kemungkinan kalian bisa diterima pada pilihan 1,2 ataupun 3. pilihlah prodi yang merupakan bakat kalian yang paling kalian minati dan agar tidak salah dalam belajar nanti, kordinasikan dengan orangtua kalian, karena orangtualah yang akan membiayai biaya kuliah kalian, saya sarankan sih yang sesuai dengan hati orangtua juga karena ridho orangtua ridho Tuhan juga, semua agama pasti mengajarkan seperti itu. banyaklah bertanya kepada BK dan kaka kelas kalian yang telah dulu di universitas yang ingin kalian tuju, banyak informasi yang bermanfaat dari mereka guna menunjang keinginan kalian kesana.

Tanggal 9 Juni 2015 adalah tanggal yang paling bersejarah untuk saya, karena tanggal tersebut adalah pengumuman hasil SNMPTN, tapi pada hari itupun sedang ada pentas seni disekolah, jadi sebenarnya hari yang kurang pas untuk kami anak-anak kelas 12 yang akan melihat pengumuman yang paling meneganggkan. Pengumuman dimulai pukul 17.00 WIB. dan jam pun menunjukan pukul 5 sore anak-anak yang gasabaran mulai membuka padahal sedang ditengah lapangan bernyanyi dan menari mengikuti irama musik yang dibawakan oleh LYLA band, taukan LYLA band ya grup band nasional. Ketika melihat hasil pengumuman banyak teman-teman yang menangis karena gagal dan menangis terharu karena keterima, sebagai teman, saya ikut merasa bahagia terhadap yang diterima tapi ikut sedih kepada teman yang belum ketrima. Saya belum mau ingin membuka webnya karena saya ingin membuka dirumah bersama orangtua, ada teman saya ya pacarlah gitu pun ingin melihatnya saya bilang jangan nanti dirumah aja, mungkin dia ga sabar ingin mengetahui dan ia pun membuka hasilnyapun tidak bagus ditandai dengan warna merah, yang artinya belum ditrima. seketikapun dia menangis dan akupun langsung memeluknya, jadideh dia menangis dipelukanku ah so sweet tapi ini lagi moment sedih hehe, saya terus kasih semangat agar dia kuat karena masih ada jalur lain. singkat cerita akhirnya aku antar dia pulang kerumah dan melanjutkan nangisnya dirumah. setelah mengantar pulang akupun pulang kerumah dan membuka web snmptn, deg deg deg deg deg deg deg deg jantungku berdegup kencang takut hal yang sama terjadi kepadaku. dan munculah warna hijau seperti gambar dibawah ini. alhamdulillah saya diterima di universitas yang saya inginkan, UPI PGSD Penjas, sebenarnya ini bukan pilihan utama saya tapi pilihan kedua, sayapun berpikir tak apalah saya harus bersyukur karena masih banyak teman-teman yang belum berhasil masa saya harus menyia-nyiakan kesempatan ini.

 Kenapa saya pilih semua serba olahraga karena saya suka dengan olahraga dan ingin menjadi guru olahraga. oh iya buat kalian yang ingin masuk di jurusan olahraga atau FPOK kalian harus membuat sebuah video olahraga sesuai dengan cabang atau keahlian kalian guna melengkapi portofolio. kalian ga ngerti portofolio ?? nanti juga ada dari webnya ada penjelasanya sabar yah hehe. dan akhirnya saya ingin membagikan sedikit tips untuk kalian yang ingin mencoba peruntungan daftar snmptn.

TIPSnya adalah :

 

  1. Pilihlah universitas dan prodi yang sesuai hati, kemampuan dan menjangkau seluruhnya baik otak kalian dan ridho orangtua.
  2. Banyak mencari tau prospek kerja dan cara belajarnya melalui internet dan kaka kelas kalian yang sudah diterima
  3. Tempatkan pilihan yang sangat kalian inginkan di no urut pertama, dan jangan lupa untuk memilih alternatif lain karena yang utama belum tentu diridhoi tuhan.
  4. Lihat nilai kalian dari semester 1 sampai 5 seperti apa kenaikannya, jangan pilih jurusan yang nilainya turun atau tidak stabil.
  5. Lihat dan tanyakan apakah kaka kelas kalian nilainya bagus atau malah ga bener kuliahnya sehingga sangat mempengaruhi kegagalan kalian nanti.
  6. Banyak bercerita kepada orangtua dan jangan membuat orgtua marah.
  7. Belajarlah sewajarnya jangan berlebihan karena belajar bagi saya cukup 20% dan doanya 80% (cara belajar setiap orang berbeda)
  8. Banyak berdoa daripada belajar, gue mah gitu orangnya
  9. Minta doa restu orangtua kalian
  10. Banyak melakukan sholat sunnah pagi ataupun malam secara teratur, sholat wajibnya pun jangan bolong percuma rajin sunnah kalau wajibnya ditinggal, wajib lebih utama
  11. Sempatkanlah membaca alquran walaupun hanya 1 ayat.
  12. Dan ketika mulai mendaftar selalu awali dengan bismillah dalam setiap mengisi atau mengklik apapun yang berkaitan dengan pendatran.
  13. Sebelum mendaftar keuniversitas negeri kalain harus sudah ada cadangan di universitas swasta karena snmptn tidak bisa jadi patokan.
  14. Jangan berkecil hati ketika gagal masih ada 2 jalur lagi yang menanti anda.
  15. Banyaklah doa,doa doa doa doa doa dan doa orangtua karena doa orangtua khususnya ibu sangat mudah diijabah oleh allah swt.

sekian dan terima kasih semoga bermanfaat guys.

(Teguh/Red)

    KONTAK PRODI

    Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani

    Kampus FPOK Padasuka FPOK UPI
    Jl. PHH Mustofa No 200 Bandung

    Telepon : (022) 2004750 / (022) 7214851

    E - Mail : pgsdpenjas_fpok@upi.edu